Sunday, March 23, 2008

Ada Hantu???


Hari sabtu minggu kemarin ketika saya berada di kantor, kebetulan saat itu kami (saya dan rekan kerja yang lain) kedatangan tamu, seorang kawan yang dulu sempat menjadi rekan kerja saya yang datang bersama adik dan anak perempuannya, juga sebuah PC yang ia minta bantuannya kepada kami untuk diservice.

Lama tak bertemu membuat kami lebih banyak ngobrol dan bertukar informasi, sampai kemudian kawan saya ini permisi untuk ikut ke WC. Ketika beranjak berdiri, anak perempuannya yang baru berusia tiga tahun ikut berdiri dan mengejar ayahnya.

"Loh, Naya gak usah ikut ayah, ayah mau ke WC" kata kawan saya.
"Gak mau Naya mau ikut ayah.." jawab putri kawan saya ini
"Loh anak perempuan kan gak boleh masuk ke WC laki-laki, Naya disini aja dulu sama om ya, atau main dulu tuh sama tante" jawab kawan saya lagi, yang dimaksud tante adalah adik perempuan kawan saya.
"Ya udah, tapi ayah jangan lama-lama ya,.. di sana gelap awas ada hantu ya yah.." ujar putrinya lagi.

Putri kawan saya ini memang lucu dan cantik. Usianya baru tiga tahun tapi cerewetnya minta ampun. Sangat aktif dan tidak pemalu. Ia gampang sekali akrab dengan orang-orang yang saat itu ada di ruangan kami. Dan jawaban terakhir pada ayahnya itu membuat saya tergelitik, begitu jenakanya ia menyampaikan pesan "awas ada hantu ya yah...". Pikiran ada hantu itu bisa saja muncul dalam benaknya karena mungkin saat ia berdialog dengan ayahnya, meski berada di depan pintu ruangan kami tapi ia menghadap lorong yang temaram. Kebetulan karena hari ini hari sabtu maka banyak lampu-lampu yang dipadamkan.

Kemudian saya menghampiri putri cantik itu, saya pun menggandengnya, kemudian iseng saja saya bertanya.
"Kok Naya tadi bilang ke ayah awas ada hantu, emang di sini ada hantu?" tanya saya.
"Gak tau" jawabnya singkat
"Emang Naya gak takut sama hantu" tanya saya lagi
"Takut" ujarnya
"Emang Naya udah pernah liat hantu" makin gencar saya bertanya
"Udah" jawabnya
"Dimana?" tanya saya penasaran
"Di tipi" jawabnya lagi
Oalahhhh saya pikir anak ini akan menjawab apa.
"Hantu itu gak ada loh Naya, hantu itu ada karna Naya mikirnya ada, coba kalau Naya mikirnya hantu itu gak ada, pasti gak bakalan ada hantu" saya gak tahu apakah omongan saya ini bisa ia mengerti.
"Ada, orang kata mamah ada, di tipi juga ada" sanggahnya cepat
wah kalau sudah begini saya binggung mau berucap apa, akhirnya saya hanya mengiyakan saja.
"Ya sudah, yang penting Naya gak usah takut ya sama hantu"
Kali ini ia yang diam, tapi kemudian ia berlari begitu melihat ayahnya kembali dari WC.
"Yah ada hantu ya yah...?" ternyata ia langsung bertanya pada ayahnya.
"Loh kok dari tadi ngomongnya hantu melulu, kenapa?"
"Disanakan gelap yah, pasti ada hantunya" ujarnya lagi
"Gak ada, sini ayah tanya,... Naya percaya gak hantu itu ada?"
"Percaya"
"Nah kalo Naya percaya hantu itu ada, hantunya jadi ada, tapi kalau Naya gak percaya sama hantu, hantunya jadi gak ada. Makanya Naya gak usah percaya kalau ada yang bilang hantu itu ada"
"Tapi kan di tipi ada yah..."

"Sudah jangan ngomongin hantu melulu akh,.. sana minta temenin tante maen game. Di komputernya om ada game Dora juga loh" ujar sang ayah mengalihkan pembicaraan.

Saya hanya tersenyum mendengar dialog antara kawan saya ini dan putrinya. Dialog yang lucu, unik, dan menggelitik. Bagaimana pun putrinya ini sudah terkontaminasi juga dengan siaran-siaran yang ada di televisi.

Ketika kawan saya pulang, saya sampaikan saja penilaian saya bahwa putrinya itu sangat cerdas. Ia hanya tersenyum sambil berujar "susah kalau sudah kebanyakan nonton televisi...". Saya hanya tertawa mendengarnya.

No comments: